Penelitian tindakan kelas
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN
METODE
BERMAIN PUZZLE DI KELAS VI SD NEGERI
101789
KEC. PATUMBAK KAB. DELI SERDANG
TP. 2012/2013
BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Deskripsi Hasil Penelitian
Data penelitian diperoleh dari data
observasi dan data hasil tes tiap siklusnya. Data observasi berupa pengamatan
terhadap kemampuan dan aktivitas siswa yang bermain puzzle. Sementara data tes
disajikan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa tiap siklus setelah
diterapkannya metode bermain puzzle.
1. Siklus I
a. Perencanaan
Pada
tahap ini peneliti mempersiapkan perangkat pembelajaran yang terdiri dari
Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), soal tes, dan media pembelajaran
berupa permainan puzzle IPS yang relevan dengan tujuan pembelajaran. Selain itu
juga dipersiapkan lembar observasi aktivitas guru dan siswa dalam kelas.
b. Pelaksanaan
Setelah menyusun perencanaan,
selanjutnya peneliti bertindak sebagai guru melakukan pembelajaran di dalam
kelas dengan menggunakan metode diskusi. Pelaksanaan tindakan dalam siklus I
dilakukan selama 2x pertemua, ada pun kegiatan pelaksanaan yang dilakukan sebagai
berikut:
Menjelaskan kepada siswa tentang
teknis pembelajaran yang akan dilakukan dengan menggunakan metode bermain
puzzle. Peneliti membagi kelas menjadi kelompok diskusi, dimana setiap kelompok
terdiri dari 3-4 siswa. Setiap kelompok diberi tugas untuk memperhatikan,
menganalisa dan mencocokkan gambar suatu benua yang telah dibagi menurut batas
negara. Setiap kelompok diberi tugas untuk menyusun potongan puzzle
negara-negara tersebut, kemudian mengisi lembar kegiatan siswa (LKS) yang
berisi nama benua, nama negara, dan ibukotanya. Setelah selesai mengerjakan
LKS, setiap kelompok melalui perwakilannya membacakan hasil diskusi. Kelompok
lain dipersilahkan bertanya atau menanggapi hasil kerja kelompok tersebut.
c.
Pengamatan/Observasi
Selama proses pembelajaran dengan
menggunakan metode bermain puzzle, peneliti dibantu oleh Basariah, S.Pd, guru
kelas VI selaku mitra kolaborasi untuk mengamati seluruh aktivitas atau
kegaiatan yang terjadi dengan menggunakan lembar pengamatan/observasi yang
telah dipersiapkan. Secara ringkas, hasil pengamatan mitra kolaborasi tentang
aktivitas siswa dalam pelajaran IPS selama pelaksanaan siklus I dirangkum pada
tabel berikut:
Tabel 1. Data Aktivitas Belajar
Siswa Siklus I
|
||||||||
No.
|
No. Urut Siswa
|
Nomor Indikator
Aktivitas
|
Jumlah
|
Skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
1
|
Siswa 1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
1
|
20,0
|
2
|
Siswa 2
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
2
|
40,0
|
3
|
Siswa 3
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
1
|
20,0
|
4
|
Siswa 4
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
2
|
40,0
|
5
|
Siswa 5
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
3
|
60,0
|
6
|
Siswa 6
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
3
|
60,0
|
7
|
Siswa 7
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
2
|
40,0
|
8
|
Siswa 8
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
2
|
40,0
|
9
|
Siswa 9
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
2
|
40,0
|
10
|
Siswa 10
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
2
|
40,0
|
11
|
Siswa 11
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
2
|
40,0
|
12
|
Siswa 12
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
3
|
60,0
|
13
|
Siswa 13
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
3
|
60,0
|
14
|
Siswa 14
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
3
|
60,0
|
15
|
Siswa 15
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
20,0
|
16
|
Siswa 16
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
3
|
60,0
|
17
|
Siswa 17
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
2
|
40,0
|
18
|
Siswa 18
|
0
|
1
|
1
|
0
|
0
|
2
|
40,0
|
19
|
Siswa 19
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
2
|
40,0
|
20
|
Siswa 20
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
3
|
60,0
|
21
|
Siswa 21
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
3
|
60,0
|
22
|
Siswa 22
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
2
|
40,0
|
23
|
Siswa 23
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
2
|
40,0
|
24
|
Siswa 24
|
0
|
1
|
0
|
1
|
0
|
2
|
40,0
|
25
|
Siswa 25
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
2
|
40,0
|
Jumlah
|
17
|
18
|
8
|
5
|
7
|
|
|
|
Persentase
|
68%
|
72%
|
32%
|
20%
|
28%
|
|
|
|
Keterangan Indikator Aktivitas
|
||||||||
1
|
Siswa memahami materi
pembelajaran
|
|||||||
2
|
Siswa dapat menyusun
puzzle dengan benar dalam waktu yang ditentukan
|
|||||||
3
|
Mengetahui nama negara
dan ibukotanya
|
|||||||
4
|
Menjawab pertanyaan
dari guru
|
|||||||
5
|
Berkompetisi secara
sehat antar siswa
|
|||||||
Penilaian
|
||||||||
Melakukan aktivitas
|
= 1
|
|||||||
Tidak melakukan
aktivitas
|
= 0
|
Tabel 2. Data Indikator Aktivitas Belajar Siswa Pada
Siklus I
No
|
Indikator
|
Jumlah Siswa
|
Persentase
|
1
|
Siswa memahami materi pembelajaran
|
17
|
68%
|
2
|
Siswa dapat menyusun puzzle dengan benar dalam waktu yang
ditentukan
|
18
|
72%
|
3
|
Mengetahui nama negara dan ibukotanya
|
8
|
32%
|
4
|
Menjawab pertanyaan dari guru
|
5
|
20%
|
5
|
Berkompetisi secara sehat antar siswa
|
7
|
28%
|
Rata-rata
|
11
|
44%
|
Berdasarkan data di atas, jumlah siswa yang
aktif berdasarkan indikator aktivitas hanya 11 orang (44%). Aktivitas siswa
lebih didominasi oleh aktivitas memperhatikan dan memahami materi pelajaran
(68%), aktivitas dapat menyusun puzzle dengan benar dan tepat waktu 72%,
pengetahuan siswa menyebut nama negara dan ibukotanya 32%, menjawab pertanyaan
dari guru 20% dan mampu berkompetsisi secara sehat antar siswa 28%. Sehingga
persentase siswa yang aktif dalam kegiatan belajar mengajar pada siklus I
dikategorikan dalam tabel berikut :
Tabel 3. Kategori
Skor Aktivitas Siswa Siklus I
Skor
|
Frekuensi
|
Persentase
|
Kategori
|
Keterangan
|
1 - 19
|
3
|
12%
|
sangat rendah
|
tidak aktif
|
20 - 39
|
14
|
56%
|
rendah
|
kurang aktif
|
40 - 59
|
8
|
32%
|
sedang
|
cukup aktif
|
60 - 79
|
0
|
0%
|
tinggi
|
aktif
|
80 - 100
|
0
|
0%
|
sangat tinggi
|
sangat aktif
|
Tabel 4. Hasil
Perolehan Nilai Tes pada Siklus I
No.
|
No. Urut Siswa
|
Skor
|
Nilai
|
Keterangan
|
|
Belum Tuntas
|
Tuntas
|
||||
1
|
No.
Urut Siswa 1
|
7
|
35
|
Belum Tuntas
|
|
2
|
No.
Urut Siswa 2
|
12
|
60
|
|
Tuntas
|
3
|
No.
Urut Siswa 3
|
10
|
50
|
Belum Tuntas
|
|
4
|
No.
Urut Siswa 4
|
18
|
90
|
|
Tuntas
|
5
|
No.
Urut Siswa 5
|
18
|
90
|
|
Tuntas
|
6
|
No.
Urut Siswa 6
|
15
|
75
|
|
Tuntas
|
7
|
No.
Urut Siswa 7
|
14
|
70
|
|
Tuntas
|
8
|
No.
Urut Siswa 8
|
8
|
40
|
Belum Tuntas
|
|
9
|
No.
Urut Siswa 9
|
10
|
50
|
Belum Tuntas
|
|
10
|
No.
Urut Siswa 10
|
11
|
55
|
Belum Tuntas
|
|
11
|
No.
Urut Siswa 11
|
11
|
55
|
Belum Tuntas
|
|
12
|
No.
Urut Siswa 12
|
16
|
80
|
|
Tuntas
|
13
|
No.
Urut Siswa 13
|
10
|
50
|
Belum Tuntas
|
|
14
|
No.
Urut Siswa 14
|
12
|
60
|
|
Tuntas
|
15
|
No.
Urut Siswa 15
|
10
|
50
|
Belum Tuntas
|
|
16
|
No.
Urut Siswa 16
|
15
|
75
|
|
Tuntas
|
17
|
No.
Urut Siswa 17
|
14
|
70
|
|
Tuntas
|
18
|
No.
Urut Siswa 18
|
12
|
60
|
|
Tuntas
|
19
|
No.
Urut Siswa 19
|
12
|
60
|
|
Tuntas
|
20
|
No.
Urut Siswa 20
|
12
|
60
|
|
Tuntas
|
21
|
No.
Urut Siswa 21
|
11
|
55
|
Belum Tuntas
|
|
22
|
No.
Urut Siswa 22
|
13
|
65
|
|
Tuntas
|
23
|
No.
Urut Siswa 23
|
9
|
45
|
Belum Tuntas
|
|
24
|
No.
Urut Siswa 24
|
14
|
70
|
|
Tuntas
|
25
|
No.
Urut Siswa 25
|
10
|
50
|
Belum Tuntas
|
|
Jumlah
|
332
|
1660
|
|
|
|
Rata-rata
|
12,30
|
61,48
|
|
|
|
Belum Tuntas (Persentase)
|
|
|
11 (44%)
|
|
|
Tuntas (Persentase)
|
|
|
|
14 (56%)
|
Dari tabel 5 di atas dapat diketahui bahwa
hasil perolehan nilai tes pada Siklus I terdapat 11 siswa (44%) yang belum
tuntas belajar, sedangkan yang tuntas belajar hanya 14 orang (56%).
d.
Refleksi
Berdasarkan hasil observasi yang
telah dilakukan pada siklus I, dapat dilihat bahwa penerapan metode bermain
puzzle belum secara optimal dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
siswa. Penyebab utama adalah kinerja guru belum maksimal. Hal ini disebabkan
guru belum sepenuhnya melaksanakan langkah-langkah pembelajaran secara
maksimal.
Hal tersebut di atas berdampak pada
masih banyaknya siswa yang tergolong tidak aktif atau kurang aktif yaitu
sebanyak 17 siswa (68%), sementara hanya
8 siswa (32%) yang termasuk dalam kategori cukup aktif, sementara siswa yang
tergolong aktif dan sangat aktif (0%). Kemudian pada indikator aktivitas,
aktivitas mengajukan menjawab pertanyaan
dari guru hanya 5 orang (20%), siswa yang mengetahui nama negara dan ibukotanya
juga masih rendah yaitu 8 orang (32%). Secara keseluruhan jika dirata-ratakan
aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dengan metode bermain puzzle
persentasenya masih 44%.
Hasil tes pada siklus I juga belum
memenuhi target ketuntasan (KKM). Rata-rata tes hanya mencapai nilai 61,48 dari
target KKM nilai 65,0. Sementara persentase ketuntasan belajar yaitu siswa yang
mencapai nilai 65,0 atau lebih hanya mencapai 56% dari target KKM 75%.
Berdasarkan hasil observasi pada
siklus I, peneliti bersama mitra kolaborasi (pengamat) melalukan analisis
sebagai berikut: peneliti tampak buru-buru memberikan materi pelajaran kepada
siswa sehingga banyak materi yang kurang dipahami siswa, peneliti juga kurang
memberikan perhatian pada siswa/kelompok yang mengalami kesulitan belajar.
Siswa belum terbiasa dengan metode bermain puzzle dan kegiatan belajar dalam
kelompok.
Berasarkan observasi analisis di
atas, maka tindakan refleksi yang dapat dilakukan adalah :
1)
Guru
atau peneliti menyiapkan garis besar materi yang akan disampaikan kepada siswa
sehingga penyampaian materi dapat dilakukan sesuai waktu yang dialokasikan.
2)
Guru
atau peneliti akan mempertegas aturan berdiskusi, guru akan berkeliling kelas
membimbing dan memberi bantuan kepada siswa/ kelompok yang mengalami kesulitan.
3)
Menghimbau
kepada siswa agar membaca materi pelajaran di rumah dan mempersiapkan kelompok
yang akan membacakan hasil diskusi, juru bicara, penjawab soal, dan menyiapkan
pertanyaan untuk kelompok lain.
2. Siklus II
a. Perencanaan
Berdasarkan hasil analisis dan
refleksi siklus I yang telah dilakukan, peneliti bersama mitra kolaborasi
mendiskusikan perencanaan tindakan yang akan dilakukan pada siklus II.
Pelaksanaan tindakan pada siklus II dilaksanakan dalam 2x pertemuan dengan
menggunakan metode examples non examples. Peneliti akan meningkatkan kinerja
secara optimal dalam proses pembelajaran.
Peneliti dan mitra kolaborasi sepakat bahwa skenario pembelajaran
disusun ulang pada siklus II. Sebelum pembelajaran dimulai, telah ditentukan
terlebih dahulu pembaca hasil diskusi, mempersiapkan pertanyaan, dan penjawab
soal di tiap kelompok. Kemudian disiapkan lembar puzzle yang akan disusun
siswa. Skenario ini disusun untuk meningkatkan aktivitas siswa, disiapkan juga
lembar observasi untuk memantau aktivitas siswa.
b.
Pelaksanaan
Pelaksanaan tindakan pada siklus II
hampir sama dengan pelaksanaan pada siklus I, ada beberapa kegiatan yang
ditingkatkan intensitasnya, seperti: membangkitkan motivasi siswa, menjelaskan
materi pelajaran dengan lebih jelas, mengkondisikan siswa untuk bersiap dalam
belajar kelompok, mengkondisikan siswa untuk berani menjawab dan mengajukan
pertanyaan, serta memberi apresiasi (penghargaan) berupa pujian atau nilai
kepada siswa yang aktif.
c. Pengamatan/Observasi
Dalam siklus II ini peneliti dan mitra
kolaborasi juga menyiapkan lembar observasi untuk memantau perkembangan
aktivitas siswa dalam kelas. Hasil observasi dari siklus II ini kemudian
dibandingkan dengan hasil observasi di siklus I untuk mengetahui peningkatan
aktivitas siswa dalam proses pembelajaran di kelas. Untuk selanjutnya hasil
observasi pada siklus II ditampilkan dalam beberapa tabel berikut:
Tabel 5.
Data Aktivitas
Belajar Siswa Siklus II
No.
|
No. Urut Siswa
|
Nomor Indikator
Aktivitas
|
Jumlah
|
Skor
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||||||
1
|
Siswa 1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
3
|
60,0
|
||||
2
|
Siswa 2
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
4
|
80,0
|
||||
3
|
Siswa 3
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
3
|
60,0
|
||||
4
|
Siswa 4
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
4
|
80,0
|
||||
5
|
Siswa 5
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
3
|
60,0
|
||||
6
|
Siswa 6
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
5
|
100,0
|
||||
7
|
Siswa 7
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
4
|
80,0
|
||||
8
|
Siswa 8
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
2
|
40,0
|
||||
9
|
Siswa 9
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
5
|
100,0
|
||||
10
|
Siswa 10
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
3
|
60,0
|
||||
11
|
Siswa 11
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
4
|
80,0
|
||||
12
|
Siswa 12
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
3
|
60,0
|
||||
13
|
Siswa 13
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
5
|
100,0
|
||||
14
|
Siswa 14
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
3
|
60,0
|
||||
15
|
Siswa 15
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
4
|
80,0
|
||||
16
|
Siswa 16
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
5
|
100,0
|
||||
17
|
Siswa 17
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
3
|
60,0
|
||||
18
|
Siswa 18
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
3
|
60,0
|
||||
19
|
Siswa 19
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
3
|
60,0
|
||||
20
|
Siswa 20
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
3
|
60,0
|
||||
21
|
Siswa 21
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
3
|
60,0
|
||||
22
|
Siswa 22
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
4
|
80,0
|
||||
23
|
Siswa 23
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
3
|
60,0
|
||||
24
|
Siswa 24
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
3
|
60,0
|
||||
25
|
Siswa 25
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
4
|
80,0
|
||||
Jumlah
|
19
|
19
|
20
|
14
|
17
|
|
|
|||||
Persentase
|
76,0
|
76,0
|
80,0
|
56,0
|
68,0
|
|
|
|||||
Keterangan Indikator
Aktivitas
|
||||||||||||
1
|
Siswa memahami materi
pembelajaran
|
|||||||||||
2
|
Siswa dapat menyusun
puzzle dengan benar dalam waktu yang ditentukan
|
|||||||||||
3
|
Mengetahui nama negara
|
|||||||||||
4
|
Menjawab pertanyaan
dari guru
|
|||||||||||
5
|
Berkompetisi secara
sehat antar siswa
|
|||||||||||
Penilaian
|
||||||||||||
Melakukan aktivitas
|
= 1
|
|||||||||||
Tidak melakukan
aktivitas
|
= 0
|
|||||||||||
Tabel 6. Data Indikator Aktivitas Belajar Siswa Pada
Siklus II
No
|
Indikator
|
Jumlah Siswa
|
Persentase
|
1
|
Siswa memahami materi pembelajaran
|
19
|
76%
|
2
|
Siswa dapat menyusun puzzle dengan benar dalam waktu yang
ditentukan
|
19
|
76%
|
3
|
Mengetahui nama negara dan ibukotanya
|
20
|
80%
|
4
|
Menjawab pertanyaan dari guru
|
14
|
56%
|
5
|
Berkompetisi secara sehat antar siswa
|
17
|
68%
|
Rata-rata
|
18
|
71%
|
Pada siklus II berdasarkan data di atas,
terlihat jumlah siswa yang aktif mengalami peningkatan. Secara klasikal,
rata-rata siswa yang aktif sudah mencapai 71%
berdasarkan indikator aktivitas.
Aktivitas siswa didominasi oleh aktivitas memperhatikan dan memahami
materi pelajaran (76%), aktivitas dapat menyusun puzzle dengan benar dan tepat
waktu 76%, pengetahuan siswa menyebut nama negara dan ibukotanya 80%, menjawab
pertanyaan dari guru 56% dan mampu berkompetsisi secara sehat antar siswa 68%.
Sehingga persentase siswa yang aktif dalam kegiatan belajar mengajar pada
siklus I dikategorikan dalam tabel berikut :
Tabel 7. Kategori
Skor Aktivitas Siswa Siklus II
Skor
|
Frekuensi
|
Persentase
|
Kategori
|
Keterangan
|
1 - 19
|
0
|
0%
|
sangat rendah
|
tidak aktif
|
20 - 39
|
0
|
0%
|
rendah
|
kurang aktif
|
40 - 59
|
1
|
4%
|
sedang
|
cukup aktif
|
60 - 79
|
13
|
52%
|
tinggi
|
aktif
|
80 - 100
|
11
|
44%
|
sangat tinggi
|
sangat aktif
|
Tabel 8. Hasil
Perolehan Nilai Tes pada Siklus II
No.
|
No. Urut Siswa
|
Skor
|
Nilai
|
Keterangan
|
|
Belum Tuntas
|
Tuntas
|
||||
1
|
No.
Urut Siswa 1
|
9
|
45
|
Belum Tuntas
|
|
2
|
No.
Urut Siswa 2
|
14
|
70
|
|
Tuntas
|
3
|
No.
Urut Siswa 3
|
11
|
55
|
Belum Tuntas
|
Tuntas
|
4
|
No.
Urut Siswa 4
|
20
|
100
|
|
Tuntas
|
5
|
No.
Urut Siswa 5
|
20
|
100
|
|
Tuntas
|
6
|
No.
Urut Siswa 6
|
15
|
75
|
|
Tuntas
|
7
|
No.
Urut Siswa 7
|
14
|
70
|
|
Tuntas
|
8
|
No.
Urut Siswa 8
|
10
|
50
|
Belum Tuntas
|
|
9
|
No.
Urut Siswa 9
|
11
|
55
|
Belum Tuntas
|
|
10
|
No.
Urut Siswa 10
|
12
|
60
|
|
Tuntas
|
11
|
No.
Urut Siswa 11
|
13
|
70
|
|
Tuntas
|
12
|
No.
Urut Siswa 12
|
18
|
85
|
|
Tuntas
|
13
|
No.
Urut Siswa 13
|
12
|
60
|
|
Tuntas
|
14
|
No.
Urut Siswa 14
|
14
|
75
|
|
Tuntas
|
15
|
No.
Urut Siswa 15
|
12
|
65
|
|
Tuntas
|
16
|
No.
Urut Siswa 16
|
18
|
90
|
|
Tuntas
|
17
|
No.
Urut Siswa 17
|
15
|
75
|
|
Tuntas
|
18
|
No.
Urut Siswa 18
|
14
|
70
|
|
Tuntas
|
19
|
No.
Urut Siswa 19
|
14
|
75
|
|
Tuntas
|
20
|
No.
Urut Siswa 20
|
13
|
65
|
|
Tuntas
|
21
|
No.
Urut Siswa 21
|
12
|
60
|
|
Tuntas
|
22
|
No.
Urut Siswa 22
|
16
|
80
|
|
Tuntas
|
23
|
No.
Urut Siswa 23
|
16
|
85
|
|
Tuntas
|
24
|
No.
Urut Siswa 24
|
13
|
65
|
|
Tuntas
|
25
|
No.
Urut Siswa 25
|
11
|
55
|
Belum Tuntas
|
|
Jumlah
|
347
|
1755
|
|
|
|
Rata-rata
|
13,88
|
70,20
|
|
|
|
Belum Tuntas (Persentase)
|
|
|
5 (20%)
|
|
|
Tuntas (Persentase)
|
|
|
|
20 (80%)
|
Dari tabel 9 di atas dapat diketahui bahwa
hasil perolehan nilai tes pada Siklus II terdapat 5 siswa (20%) yang tidak
tuntas belajar, sedangkan yang tuntas belajar telah mencapai 20 orang (80%).
d.
Refleksi
Berdasarkan hasil observasi yang
telah dilakukan selama siklus II dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode bermain dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran
IPS. Hal ini tampak dari berkurangnya siswa yang tergolong tidak atau kurang
aktif, pada siklus I sebanyak 17 siswa
(68%) yang tidak aktif atau kurang aktif, dan pada siklus II menurun menjadi 1
siswa (4%) pada siklus II.
Hasil indikator aktivitas siswa juga
mengalami kenaikan dari 44% pada siklus I menjadi 71% pada siklus II. Aktivitas
kemampuan siswa dalam menyusun puzzle dan mengetahui nama negara dan ibukotanya
meningkat cukup signifikan.
Ketuntasan belajar siswa juga meningkat, pada
siklus I nilai rata-rata 61,48, yang tidak tuntas belajar 44%, sementara persentase tuntas belajar 56%. Pada siklus II
terjadi peningkatan, nilai rata-rata 70,20 dengan persentase 20% yang tidak
tuntas belajar, sementara yang tuntas belajar meningkat menjadi 80%.
Setelah dilakukan analisis dan refleksi
siklus II diperoleh kesimpulan bahwa penerapan metode bermain puzzle dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VI
di SD Negeri 101789 Kec. Patumbak TP. 2012/2013.
B. Pembahasan Hasil Penelitian
1.
Aktivitas Belajar Siswa
Pembelajaran dengan menerapkan metode
bermain puzzle dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pelajaran IPS
pada pokok bahasan mengidentifikasi benua-benua. Berdasarkan hasil refleksi
siklus I dan siklus II yang telah dilakukan oleh peneliti, maka terjadi peningkatan
aktivitas dan hasil belajar siswa yang telihat selama penelitian. Ada pun
peningkatan tersebut dapat dilihat pada tabel-tabel berikut ini.
Tabel 9. Data
Perbandingan Indikator Aktivitas
Belajar Siswa
Pada Siklus I dan II
No.
|
Indikator
|
Jumlah Siswa
|
Persentase
|
||
Siklus I
|
Siklus II
|
Siklus I
|
Siklus II
|
||
1
|
Siswa memahami materi pembelajaran
|
17
|
19
|
68%
|
76%
|
2
|
Siswa dapat menyusun puzzle dengan benar dalam waktu yang
ditentukan
|
18
|
19
|
72%
|
76%
|
3
|
Mengetahui nama negara dan ibukotanya
|
8
|
20
|
32%
|
80%
|
4
|
Menjawab pertanyaan dari guru
|
5
|
14
|
20%
|
56%
|
5
|
Berkompetisi secara sehat antar siswa
|
7
|
17
|
28%
|
68%
|
Rata-rata
|
11
|
18
|
44%
|
71%
|
Dari tabel di atas dapat disimpulkan
bahwa indikator aktivitas mengalami kenaikan, dimana pada siklus I hanya 44%
dari indikator aktivitas dapat dilaksanakan siswa. Namun pada siklus II
mengalami kenaikan 71% dimana siswa sudah dapat melaksanakan indikator
aktivitas yang telah ditetapkan. Indikator aktivitas tertinggi dapat dilihat
semakin mantapnya siswa dalam memperhatikan materi pelajaran (76%), menyusun
puzzle (76%) dan mengetahui negara serta ibukotanya (80%).
Tabel 10. Data
Perbandingan Peningkatan Aktivitas
Belajar Siswa
Pada Siklus I dan II
Skor
|
Frekuensi
|
Persentase
|
Kategori
|
Keterangan
|
||
Siklus I
|
Siklus II
|
Siklus I
|
Siklus II
|
|||
1 - 19
|
3
|
0
|
12%
|
0%
|
sangat rendah
|
tidak aktif
|
20 - 39
|
14
|
0
|
56%
|
0%
|
rendah
|
kurang aktif
|
40 - 59
|
8
|
1
|
32%
|
4%
|
sedang
|
cukup aktif
|
60 - 79
|
0
|
13
|
0%
|
52%
|
tinggi
|
aktif
|
80 - 100
|
0
|
11
|
0%
|
44%
|
sangat tinggi
|
sangat aktif
|
Gambar 2. Grafik
Perbandingan Aktivitas Belajar Siswa
Pada Siklus I dan
Siklus II
Berdasarkan data
di atas maka ada peningkatan aktivitas belajar siswa per siklusnya. Jika pada
siklus I masih ada 12% siswa yang tidak aktif, sementara siswa yang kurang
aktif 56%, dan cukup aktif 42%. Tidak ada siswa yang aktif atau sangat aktif
(0%). Kemudian pada siklus II ada peningkatan aktivitas. Pada siklus II, siswa
yang tidak aktif atau kiurang aktif sudah tidak ada lagi (0%), hanya 4% siswa
yang cukup aktif, (6,1%), sementara
siswa aktif sebanyak 52% dan siswa yang sangat aktif persentasenya mencapai
44%.
2. Ketuntasan Hasil Belajar Siswa
Melalui hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa bermain puzzle memiliki dampak positif dalam
meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil
belajar melalui tes yang dilakukan setiap siklusnya.
Tabel 11. Data Perbandingan Ketuntasan Belajar Siklus I
dan II
Skor
|
Frekuensi
|
Persentase
|
Keterangan
|
Nilai Rata-rata
|
|||
Siklus I
|
Siklus II
|
Siklus I
|
Siklus II
|
Siklus I
|
Siklus II
|
||
1 - 64
|
11
|
5
|
44%
|
20%
|
Tidak
tuntas
|
61,48
|
70,20
|
65 - 100
|
14
|
20
|
56%
|
80%
|
Tuntas
|
Gambar 3. Grafik
Ketuntasan Belajar Siswa Pada Siklus I dan Siklus II
Dari analisis data pada setiap siklus
diperoleh perubahan positif terhadap nilai rata-rata dan persentase ketuntasan
hasil belajar siswa. Pada siklus I, siswa yang tidak tuntas belajar sebanyak 11
orang (44%), sedangkan persentase ketuntasan belajar sebesar 54,5% dengan nilai
rata-rata 61,48. Pada siklus II, siswa yang tidak tuntas belajar tinggal 5
orang (20%), sedangkan siswa yang tuntas belajar sebanyak 20 orang (80%) dengan
nilai rata-rata 70,20.
Dari hasil analisis data ini dapat
disimpulkan bahwa pembelajaran IPS melalui metode bermain puzzle pada kelas VI
di SD Negeri 101789 Marindal I TP. 2012/2013 dapat meningkatkan hasil belajar
dengan jumlah siswa yang memperoleh ketuntasan belajar mencapai 80%, dan hal
ini sudah melebih dari target KKM sebesar 75%.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar