Penelitian tindakan kelas
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN
METODE
BERMAIN PUZZLE DI KELAS VI SD NEGERI
101789
KEC. PATUMBAK KAB. DELI SERDANG
TP. 2012/2013
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Masalah
Penguasaan
materi dalam suatu proses pembelajaran merupakan hal yang penting. Dengan
penguasaan materi guru dapat menentukan tujuan pembelajaran, metode serta media
yang akan digunakan. Walau untuk itu guru harus melihat aspek-aspek lain,
seperti jenis tugas yang akan diberikan, respon yang diharapkan dikuasai
peserta didik saat proses pembelajaran berlangsung konteks pembelajaran, dan
tentunya juga karakteristik peserta didik yang diajar.
Untuk mencapai tujuan pembelajaran sesuai
dengan harapan yang tertera dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) selain
menguasai materi guru harus mampu menggunakan metode dan media pembelajaran
yang tepat. Karena metode pembelajaran yang digunakan pada dasarnya berfungsi
untuk membimbing agar dapat belajar dengan baik sedangkan media semata-mata
untuk membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Metode pengajaran yang
digunakan oleh guru akan menentukan media pembelajaran apa yang akan digunakan
oleh guru
Metode dan media pembelajaran yang tepat
dalam proses pembelajaran diharapkan tujuan pembelajaran dapat tercapai, hasil
belajar yang meningkat, pembelajaran menjadi aktif dan efektif. Dalam
menentukan metode dan media yang digunakan seorang guru harus mempertimbangkan
faktor-faktor kesesuaian antara metode dan media dengan tujuan pembelajaran,
materi pembelajaran, kemampuan guru, kondisi siswa, sumber dan fasilitas yang
tersedia, situasi dan kondisi pembelajaran dan waktu yang tersedia
Sebagai seorang guru dibutuhkan kemampuan
untuk melaksanakan proses pembelajaran dengan baik. Baik dalam menguasai
materi, kreatif dalam menyampaikan dan menggunakan metode dan media
pembelajaran. Biasanya dalam pembelajaran IPS metode yang digunakan dalam
menyampaikan materi adalah metode ceramah, diskusi dan tanya jawab dan
pemberian tugas. Juga menggunakan media yang umum yaitu media gambar masing –
masing metode dan media memiliki kelebihan dan kekurangan.
Mata pelajaran IPS kelas VI pada semester
satu materi ajarnya berhubungan dengan wilayah dan kenampakan alam. Umumnya
guru mengajar dengan metode konvensional yaitu metode ceramah yang penyampaian
materi pembelajaran langsung disajikan guru kepada siswa dan mengharapkan siswa
duduk, diam, dengar, catat dan hafal walaupun sudah menggunakan media peta
untuk mengetahui letak suatu wilayah dan letak suatu kenampakan alam. Guru
menunjuk pada peta sambil menjelaskan materi. Dengan demikian proses pembelajaran menjadi monoton dan kurang menarik perhatian
siswa, daya berpikir siswa, minat dan partisipasi untuk aktif, kreatif, dalam
merespon, materi pembelajaran yang disampaikan guru. Dalam pembelajaran ini
siswa mungkin dapat menghapal nama suatu wilayah atau negara dan ibu kotanya
tetapi siswa tidak dapat menunjukkan letak wilayah dan kenampakan alam dari
wilayah atau negara tersebut. Kondisi seperti itu siswa tidak akan dapat
memahami materi pembelajaran yang disampaikan dan tujuan pembelajaranan tidak
dapat tercapai dan hasil belajar yang diperoleh sangat rendah
Banyak cara yang dapat dilakukan oleh guru
untuk dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode dapat disampaikan
dengan cara permainan sekaligus menggunakan media yang sederhana dan dapat
diciptakan sendiri. Yaitu dengan menggunakan puzzle. Siswa tidak harus menghapal
letak wilayah suatu daerah ataupun kenampakan alam dari suatu daerah.
Berdasarkan peta yang ada pada siswa siswa dapat menyusun puzzle dan menuliskan
nama wilayah atau Negara dan ibu kotanya. Dan dapat menambahkan gambar
kenampakan alam pada puzzle yang telah disusun.
Berdasarkan
uraian latar belakang di atas perlu dilakukan penelitian tindakan kelas yang
diberi judul “Peningkatan Hasil Belajar IPS Dengan Metode Bermain Puzzle Di
Kelas VI SD Negeri 101789 Kecamatan Patumbak
Kab.upaten Deli Serdang T.P. 2012/2013”.
B. Identifikasi
Masalah
Berdasarkan
uraian dari latar belakang di atas, maka identifikasi masalah pada penelitian ini
adalah:
1.
Rendahnya hasil belajar siswa kelas
VI pada mata pelajaran IPS di SD Negeri 101789 Marindal I Kec. Patumbak TP. 2012/2013.
2.
Siswa dapat menghapal tetapi tidak
dapat memahami materi yang disampaikan
3.
Siswa tidak dapat menunjukkan letak
suatu wilayah daerah atau negara dan kenampakan alam
4.
Metode yang digunakan kurang tepat
ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas
5.
Media yang digunakan kurang menarik
C. Batasan Masalah
Masalah
dalam penelitian ini dibatasi pada penggunaan
metode yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang rendah pada mata
pelajaran IPS Kelas VI SD Negeri 101789 Marindal I TP. 2012/2013.
D. Rumusan Masalah
Untuk
mempermudah penelitian maka peneliti membuat rumusan masalah yang buat
berdasarkan batasan masalah yaitu: “Apakah hasil belajar IPS di kelas VI di SD
Negeri 101789 Marindal I dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode permainan
puzzle?”
E. Tujuan
Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah di atas
maka tujuan penelitian ini adalah:
1.
Untuk meningkatkan hasil belajar
IPS di Kelas VI di SD Negeri 101789 Marindal I TP.
2012/2013.
2.
Untuk meningkatkan hasil belajar
IPS menggunakan metode bermain puzzle di kelas VI SD Negeri 101789 Marindal I
Kecamatan Patumbak Kabupaten Deli
Serdang T.P. 2012/2013.
F. Manfaat
Penelitian
1.
Manfaat Teoritis
a.
Pelajaran IPS kelas VI semester I
materinya adalah mengenal letak suatu wilayah (propinsi di Indonesia, negara-negara
tetangga, dan benua-benua). Penggunaan metode permaianan puzzle dapat membuat
pembelajaran jadi aktif, kreatif dan menarik. Belajar sambil bermain tidak akan
membuat siswa bosan. Karena dengan menyusun puzzle jigsaw yang berpedoman pada
peta siswa dapat menentukan letak suatu wilayah pada peta dan dapat menjelaskan
batas-batas wilayah suatu wilayah atau negara
2.
Manfaat Praktis
a.
Manfaat bagi siswa
1.
Dapat meningkatkan hasil belajar
siswa dalam mata pelajaran IPS
2.
Siswa tidak hanya menghapal tapi dapat
memahami materi
3.
Siswa dapat menentukan letak suatu
wilayah atau negara pada peta
b.
Manfaat bagi guru
1.
Sebagai bahan pertimbangan dalam
memilih metode pembelajaran sebelum pelaksanaan proses pembelajaran
2.
Sebagai inspirasi untuk selalu
mengadakan inovasi dalam meningkatkan kemampuan bagi guru dalam menggunakan
metode dan media tepat dan menarik
c. Manfaat bagi Perpustakaan Sekolah
1.
untuk menambah bahan koleksi perpustakaan
sekolah
2.
untuk menambah wawasan bagi pembaca di perpustakaan
G. Definisi Operasional
Hasil
belajar siswa adalah kemampuan yang diperoleh siswa dari proses
pembelajaran. Pelajaran IPS diberikan Di
SD dengan tujuan untuk membina anak didik menjadi warga negara yang baik, yang
memiliki pengetahuan, keterampilan dan kepedulian sosial yang berguna bagi
dirinya serta bagi masyarakat dan negara.
Bermain dapat memberikan kesempatan kepada anak untuk berfikir dan
bertindak imajinatif serta penuh daya khayal yang erat hubungannya dengan
perkembangan kreatifitas anak. Games
Puzzle merupakan bentuk permainan yang menantang daya kreatifitas dan
ingatan siswa lebih mendalam dikarenakan munculnya motivasi untuk senantiasa
mencoba memecahkan masalah, namun tetap menyenangkan sebab bisa di ulang-ulang.
Tantangan dalam permainan ini akan selalu memberikan efek ketagihan untuk
selalu mencoba, mencoba dan terus mencoba hingga berhasil.
Hasil belajar IPS dengan menggunakan metode permaianan puzzle yang
diperoleh siswa dari proses pembelajaran yang dilakukan dapat diukur
berdasarkan test tertulis yang diberikan oleh guru dan tertera pada RPP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar