Sabtu, 15 Juni 2013

RPP, Bahan Ajar dan LKS



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                          :   SD NEGERI NO. 101789 MARINDAL I
Mata Pelajaran               :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester              :   IV/2
Materi Pokok                  :   Tata Surya
waktu                             :   1 X 30 menit

1.     Standar Kompetensi
9. Memahami matahari sebagai pusat tata surya dan interaksi bumi dalam tata surya

2.     Kompetensi Dasar
9.1 Mendeskripsikan sistem tata surya dan posisi penyusun tata surya

3.     Tujuan Pembelajaran**:
o    Siswa dapat Memahami konsep tentang tata surya
o    Siswa dapat Mengetahui bahwa matahari adalah pusat dari tata surya yang di kelilingi olehplanet-planet.
o    Siswa dapat  menyebutkan nama – nama planet sesuai urutannya mulai dari yang terdekat dengan matahari sampqi yqng terjauh
o    Siswa dapat membuat keterangan mengenai planet – planet berdasrkan gambar  

Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin, Rasa hormat dan perhatian, Tekun, Tanggung jawab, Ketelitian dan Kerja sama

4.     Materi Essensial
Tata Surya
o    Matahari sebagai pusat tata surya
o    Planet-planet
o    Sifat dan keadaan planet dalam tata surya

5.     Metode Pembelajaran
a.     Ceramah
b.    Demonstrasi
c.     Diskusi kelompok
d.    Tanya jawab.
e.     Penugasan.

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

KEGIATAN GURU
KEGIATAN PESERTA DIDIK
WAKTU
f.    Kegiatan Awal
Apersepsi  dan Motivasi
·         Menyajikan Media pembelajaran

·         Menyampaikan tujuan pempelajaran

·         Bertanya tentang benda-benda langit yang dapat dilihat peserta didik pada malam dan siang


·      Mempersiapkan buku relevan yang berhubungan dengan IPA
·      Mendengarkan  tujuan Pelajaran yang disampaikan guru
·      Menjawab pertanyaan yang diajukan guru
5 menit
b.Kegiatan Inti
Ø Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

·   Menjelaskan tentang konsep tata surya
·   Menjelaskan bahwa planet – planet mempunyai garis orbit atau edar untuk mengelilingi matahari  sambil menunjukkan gambar
·   Menunjukkan gambar – gambar planet-planet sambil menjelaskan nama- nama planet dari yang terdekat dengan matahari hingga yang terjauh
·   Meminta beberapa siswa menyusun planet-planet pada garis orbit yang sudah disiapkan guru secara berurut mulai dari yang terdekat dengan matahari hingga yang terjauh secara acak
·   Sambil menunjuk gambar menjelaskan tentang planet dalam dan planet luar

·   Menjelaskan ciri ciri planet markurius dan venus Berdasarkan gambar sebagai contoh
·   Meminta siswa mengadakan diskusi dengan teman sebangku tentang ciri-ciri planet yang diberikan guru  melalui Lembar Kerja Siswa (LKS)
·   Menanyakan hasil diskusi siswa dari tiap kelompok
·   Menanggapi hasil diskusi siswa

·   Menugaskan siswa mengisi LKS yang dibagikan sebagai tugas individu

Ø Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·   membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
·   memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis
·   memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
·   memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
·   memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

Ø  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·      Bertanya   tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Dalam kegiatan eksplorasi, peserta didik :
·      Mendengarkan  penjelaskan guru tentang konsep tata surya
·       Memperhatikan penjelasan guru bahwa planet – planet mempunyai garis orbit atau edar untuk mengelilingi matahari 
·      Memperhatikan gambar – gambar planet-planet dan penjelasan guru tentang nama- nama planet dari yang terdekat dengan matahari hingga yang terjauh

·      Maju kedepan kelas menyusun planet-planet pada garis orbit yang sudah disiapkan guru secara berurut mulai dari yang terdekat dengan matahari hingga yang terjauh secara acak
·      Memperhatikan gambar yang disajikan guru dan penjelaskn tentang planet dalam dan planet luar
·      Memperhatikan penjelasan guru tentang ciri-ciri planet Markurius dan venus
·      Mengadakan diskusi dengan teman sebangku tentang ciri-ciri planet yang diberikan guru  dan mengerjakan  Lembar Kerja Siswa (LKS)
·      Menyajikan hasil  diskusi siswa dari tiap kelompok
·      Mendengar tanggapan guru tentang hasil diskusi siswa
·      Mengisi LKS yang dibagikan sebagai tugas individu



Dalam kegiatan elaborasi, peserta didik
·      Membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna
·       Memamfaatkan fasilitasi   baik melalui pemberian tugas maupun diskusi, dan lain-lain agar dapat  memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
·      Berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut
·      Membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok
·      Menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok


Dalam kegiatan konfirmasi, peserta didik
·      Peserta didik mengajukan  tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

20 menit
c.  Kegiatan Penutup
·         Meminta peserta didik mengumpulkan tugas yang diberikan
·         Memberi tanggapan atas beberapa hasil tugas peserta didik


·         Mengumpulkan tugas yang diberikan
·         Mendengar  tanggapan atas beberapa hasil tugas peserta didik

5 menit

6.     Media Belajar
a.     Sumber ajar
·         Kurikulum KTSP Standar Isi 2006
·         Buku  Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas IV halaman 109 - 116
Penulis Dwi Suhartanti dan Isnani Agus Zulaikha
Penerbit Pusat pembukuan Departemen pendidikan Nasional

b.    Alat / Media
·         Gambar – gambar  planet



7.     Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Siswa dapat menyebutkan nama-nama planet secara berurutan mulai yang terdekat dengan matahari hingga yang terjauh

Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri planet berdasarkan gambar
Tugas Individu




Tugas diskusi
Mengisi Tabel
LKS terlampir
Tuliskan  nama – nama planet dan ciri – ciri planet dengan memperhatikan gambar


Isilah Kotak dengan nama planet planet sesuai dengan yang ditunjukkan gambar!

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      

Ø   PRODUK ( hASIL DISKUSI)
No.
Aspek
Kriteria
Skor
.
1




Pengetahuan


 PENGISISAN TABEL
·         Benar
·         Sebahagian besar benar
·         Sebahagian besar salah
Salah

5
4
3
1
Nilai = Jumlah skor x 10

2

Sikap

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap

10
6
4
Nilai = jumlah skor x 10

Ø   Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
.
1




Pengetahuan


 PENGISISAN TABEL
·         Benar
·         Sebahagian besar benar
·         Sebahagian besar salah
Salah

5
4
3
1

Nilai = Jumlah skor x 2,5

LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Produk (Hasil Diskusi)
Performan
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Tabel
Sikap
Pengetahuan
Tabel
1






2






3






4






5






6






@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) : 3
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                                        Lubuk Pakam,
Mengetahui                                                                               
  Kepala Sekolah                                                      Guru Mapel IPA


  ..................................                                ……………………………

                                       

BAHAN AJAR

A.    Standar Kompetensi           :
9. Memahami matahari sebagai pusat tata surya dan interaksi bumi dalam tata surya

B.    Kompetensi Dasar
9.1 Mendeskripsikan sistem tata surya dan posisi penyusun tata surya

            MATERI AJAR

TATA SURYA

Tata surya adalah susunan benda-benda langit yang terdiri dari matahari, planet,dan benda langit lainnya. Planet dan benda-benda langit lainnya secara teratur mengelilingi matahari sebagai pusatnya.

Planet-planet mengelilingi matahari pada lintasannya masing-masing. Lintasan peredaran planet mengelilingi matahari disebut orbit. Orbit planet berbentuk elips dan jarak tiap-tiap planet terhadap matahari berbeda pula.

Planet yang ditemukan dalam tata surya ada delapan buah planet, yaitu Merkurius, Venus, bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Neptunus, dan Uranus. Berdasarkan letak planet terhadap bumi, planet dikelompokkan menjadi planet dalam dan planet luar. Planet dalam terdiri terdiri dari Merkurius dan Venus karena kedua planet ini berada di dalam orbit bumi. Sedangkan Mars, Jupiter,Saturnus, Uranus, dan Neptunus disebut planet  luar karena berada di luar orbit bumi.

a. Merkurius


 


Merkurius adalah planet yang paling dekat dengan matahari dan merupakan planet terkecil




a.   Venus
Venus disebut bintang timur atau bintang
 fajar. Disebut demikian karena Venus ini
bercahaya terang di sebelah timur sebelum
matahari terbit, atau kadang-kadang dapat
juga terlihat di sebelah barat sebelum
matahari terbenam sehingga sering juga
dinamakan bintang barat.


c. Bumi



 
Di antara planet dalam tata surya hanya bumi yang dihuni oleh makhluk  hidup.Karena pada atmosfir bumi terdapat oksigen yang dibutuhkan makhluk hidup untuk bernapas dan tersedia banyak air





b.  Mars
Planet keempat ini berukuran kecil,
diameternya hanya berukuran kurang lebih
6.800 km. Atmosfer yang menyelimuti Mars
sangat tipis sehingga permukaan Mars dapat
diamati dari bumi dengan menggunakan
teropong. Mars adalah planet yang berwarna merah.






f. Jupiter
 

Jupiter merupakan planet terbesar dalam
tata surya.






g. Saturnus
 

 Planet ini tampak sangat indah. Mempunyai cincin yang mengelilingi planet itu.
Cincin itu terbentuk oleh bubuk batuan yang berputar mengelilinginya.



h. Uranus


 
Uranus mempunyai suhu lebih dingin dari Saturnus. Pada planet ini tidak ada oksigen dan selalu dikelilingi awan yang tebal.. sehingga disebut dengan planet berkabut



8. Neptunus
Pada planet Neptunus tidak ada oksigen, penuh dengan awan yang tebal sehingga kelihatan berwarna biru. Planet ini sering disebut dengan planet biru









































LEMBAR KERJA SISWA
LKS IPA

Nama anggota kelompok
o                                      o

o                                      o

o                                      o

o                                      o


Kelas

VI

Standar Kompetensi         :
9. Memahami matahari sebagai pusat tata surya dan interaksi bumi dalam tata surya

Kompetensi Dasar
9.1 Mendeskripsikan sistem tata surya dan posisi penyusun tata surya

Isilah table  di bawah ini dengan mendiskusikan dengan teman-temanmu!
Tuliskan  nama – nama planet dan ciri – ciri planet dengan memperhatikan gambar

No.
Gambar Planet
Nama Planet
Ciri Planet
1


…………………………………………….
……………………………………………
……………………………………………

2


…………………………………………….
……………………………………………
……………………………………………



Paraf Guru
Nilai




















LEMBAR KERJA SISWA
LKS IPA

Nama anggota kelompok
o                                      o

o                                      o

o                                      o

o                                      o


Kelas

VI

Standar Kompetensi         :
9. Memahami matahari sebagai pusat tata surya dan interaksi bumi dalam tata surya

Kompetensi Dasar
9.1 Mendeskripsikan sistem tata surya dan posisi penyusun tata surya

Isilah table  di bawah ini dengan mendiskusikan dengan teman-temanmu!
Tuliskan  nama – nama planet dan ciri – ciri planet dengan memperhatikan gambar

No.
Gambar Planet
Nama Planet
Ciri Planet
1


…………………………………………….
……………………………………………
……………………………………………

2



…………………………………………….
……………………………………………
……………………………………………



Paraf Guru
Nilai



















LEMBAR KERJA SISWA
LKS IPA

Nama anggota kelompok
o                                      o

o                                      o

o                                      o

o                                      o


Kelas

VI

Standar Kompetensi         :
9. Memahami matahari sebagai pusat tata surya dan interaksi bumi dalam tata surya

Kompetensi Dasar
9.1 Mendeskripsikan sistem tata surya dan posisi penyusun tata surya

Isilah table  di bawah ini dengan mendiskusikan dengan teman-temanmu!
Tuliskan  nama – nama planet dan ciri – ciri planet dengan memperhatikan gambar

No.
Gambar Planet
Nama Planet
Ciri Planet
1



…………………………………………….
……………………………………………
……………………………………………

2



…………………………………………….
……………………………………………
……………………………………………



Paraf Guru
Nilai




















LEMBAR KERJA SISWA
LKS IPA

Nama anggota kelompok
o                                      o

o                                      o

o                                      o

o                                      o


Kelas

VI

Standar Kompetensi         :
9. Memahami matahari sebagai pusat tata surya dan interaksi bumi dalam tata surya

Kompetensi Dasar
9.1 Mendeskripsikan sistem tata surya dan posisi penyusun tata surya

Isilah table  di bawah ini dengan mendiskusikan dengan teman-temanmu!
Tuliskan  nama – nama planet dan ciri – ciri planet dengan memperhatikan gambar

No.
Gambar Planet
Nama Planet
Ciri Planet
1



…………………………………………….
……………………………………………
……………………………………………

2



…………………………………………….
……………………………………………
……………………………………………




Paraf Guru
Nilai

















LEMBAR KERJA SISWA
LKS IPS
SD NEG 101789
TUGAS INDIVIDU

Nama  : ____________________________________

Kelas  : VI___


Standar Kompetensi         :
9. Memahami matahari sebagai pusat tata surya dan interaksi bumi dalam tata surya

Kompetensi Dasar
9.1 Mendeskripsikan sistem tata surya dan posisi penyusun tata surya

Isilah Kotak dengan nama planet planet sesuai dengan yang ditunjukkan gambar!


















































































Paraf Guru
Nilai

































 













































 






























































 



















































                                                                                                                                            


2 komentar: