RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SD NEGERI NO. 101789 MARINDAL I
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester : IV/2
Materi Pokok : Tata Surya
waktu : 1 X 30 menit
1. Standar Kompetensi
9. Memahami matahari
sebagai pusat tata surya dan interaksi bumi dalam tata surya
2. Kompetensi Dasar
9.1 Mendeskripsikan sistem tata surya dan posisi penyusun
tata surya
3.
Tujuan
Pembelajaran**:
o
Siswa dapat Memahami konsep tentang tata
surya
o
Siswa dapat Mengetahui bahwa matahari adalah
pusat dari tata surya yang di kelilingi olehplanet-planet.
o
Siswa dapat menyebutkan nama – nama planet sesuai
urutannya mulai dari yang terdekat dengan matahari sampqi yqng terjauh
o
Siswa dapat membuat keterangan mengenai
planet – planet berdasrkan gambar
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin, Rasa hormat dan perhatian, Tekun, Tanggung
jawab, Ketelitian dan Kerja sama
4.
Materi
Essensial
Tata
Surya
o
Matahari sebagai pusat tata surya
o
Planet-planet
o
Sifat dan keadaan planet dalam tata surya
5. Metode Pembelajaran
a.
Ceramah
b.
Demonstrasi
c.
Diskusi kelompok
d.
Tanya jawab.
e.
Penugasan.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
GURU
|
KEGIATAN
PESERTA DIDIK
|
WAKTU
|
f.
Kegiatan
Awal
Apersepsi
dan Motivasi
·
Menyajikan Media pembelajaran
·
Menyampaikan tujuan pempelajaran
·
Bertanya tentang benda-benda langit yang
dapat dilihat peserta didik pada malam dan siang
|
· Mempersiapkan
buku relevan yang berhubungan dengan IPA
· Mendengarkan tujuan Pelajaran yang disampaikan guru
· Menjawab
pertanyaan yang diajukan guru
|
5 menit
|
b.Kegiatan
Inti
Ø Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
· Menjelaskan
tentang konsep tata surya
· Menjelaskan
bahwa planet – planet mempunyai garis orbit atau edar untuk mengelilingi
matahari sambil menunjukkan gambar
· Menunjukkan
gambar – gambar planet-planet sambil menjelaskan nama- nama planet dari yang
terdekat dengan matahari hingga yang terjauh
· Meminta
beberapa siswa menyusun planet-planet pada garis orbit yang sudah disiapkan
guru secara berurut mulai dari yang terdekat dengan matahari hingga yang
terjauh secara acak
· Sambil
menunjuk gambar menjelaskan tentang planet dalam dan planet luar
· Menjelaskan
ciri ciri planet markurius dan venus Berdasarkan gambar sebagai contoh
· Meminta
siswa mengadakan diskusi dengan teman sebangku tentang ciri-ciri planet yang
diberikan guru melalui Lembar Kerja
Siswa (LKS)
· Menanyakan
hasil diskusi siswa dari tiap kelompok
· Menanggapi
hasil diskusi siswa
· Menugaskan
siswa mengisi LKS yang dibagikan sebagai tugas individu
Ø Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
· membiasakan peserta didik membaca dan
menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
· memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis
· memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
·
memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan
baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
·
memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual
maupun kelompok;
Ø Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
· Bertanya tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
· Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
|
Dalam kegiatan eksplorasi, peserta didik :
·
Mendengarkan penjelaskan guru tentang konsep tata
surya
·
Memperhatikan penjelasan guru bahwa planet –
planet mempunyai garis orbit atau edar untuk mengelilingi matahari
·
Memperhatikan gambar – gambar planet-planet
dan penjelasan guru tentang nama- nama planet dari yang terdekat dengan
matahari hingga yang terjauh
·
Maju kedepan kelas menyusun planet-planet
pada garis orbit yang sudah disiapkan guru secara berurut mulai dari yang
terdekat dengan matahari hingga yang terjauh secara acak
·
Memperhatikan gambar yang disajikan guru
dan penjelaskn tentang planet dalam dan planet luar
·
Memperhatikan penjelasan guru tentang
ciri-ciri planet Markurius dan venus
·
Mengadakan diskusi dengan teman sebangku
tentang ciri-ciri planet yang diberikan guru
dan mengerjakan Lembar Kerja
Siswa (LKS)
·
Menyajikan hasil diskusi siswa dari tiap kelompok
·
Mendengar tanggapan guru tentang hasil
diskusi siswa
·
Mengisi LKS yang dibagikan sebagai tugas
individu
Dalam kegiatan elaborasi, peserta didik
· Membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas
tertentu yang bermakna
· Memamfaatkan fasilitasi baik melalui pemberian tugas maupun diskusi, dan lain-lain agar dapat memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
· Berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan
bertindak tanpa rasa takut
· Membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan
maupun tertulis, secara individual maupun kelompok
· Menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok
Dalam kegiatan konfirmasi, peserta didik
· Peserta didik mengajukan tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
· Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
|
20 menit
|
c. Kegiatan Penutup
·
Meminta peserta didik mengumpulkan tugas
yang diberikan
·
Memberi tanggapan atas beberapa hasil tugas
peserta didik
|
·
Mengumpulkan tugas yang diberikan
·
Mendengar
tanggapan atas beberapa hasil tugas peserta didik
|
5 menit
|
6. Media Belajar
a. Sumber ajar
·
Kurikulum KTSP Standar Isi 2006
·
Buku
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas IV halaman 109 - 116
Penulis Dwi
Suhartanti dan Isnani Agus Zulaikha
Penerbit Pusat
pembukuan Departemen pendidikan Nasional
b.
Alat /
Media
·
Gambar – gambar planet
7.
Penilaian:
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Siswa
dapat menyebutkan nama-nama planet secara berurutan mulai yang terdekat
dengan matahari hingga yang terjauh
Siswa
dapat menjelaskan ciri-ciri planet berdasarkan gambar
|
Tugas Individu
Tugas diskusi
|
Mengisi Tabel
LKS
terlampir
|
Tuliskan nama – nama planet dan ciri – ciri planet
dengan memperhatikan gambar
Isilah
Kotak dengan nama planet planet sesuai dengan yang ditunjukkan gambar!
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
Ø PRODUK ( hASIL DISKUSI)
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
.
1
|
Pengetahuan
|
PENGISISAN TABEL
·
Benar
·
Sebahagian besar benar
·
Sebahagian besar salah
Salah
|
5
4
3
1
|
Nilai = Jumlah
skor x 10
|
|||
2
|
Sikap
|
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
10
6
4
|
Nilai = jumlah skor
x 10
|
Ø Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
.
1
|
Pengetahuan
|
PENGISISAN TABEL
·
Benar
·
Sebahagian besar benar
·
Sebahagian besar salah
Salah
|
5
4
3
1
|
Nilai = Jumlah skor
x 2,5
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama
Siswa
|
Produk (Hasil
Diskusi)
|
Performan
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
Tabel
|
Sikap
|
Pengetahuan
Tabel
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) : 3
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan
Remedial.
Lubuk Pakam,
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel IPA
.................................. ……………………………
BAHAN
AJAR
A. Standar Kompetensi :
9. Memahami matahari
sebagai pusat tata surya dan interaksi bumi dalam tata surya
B. Kompetensi Dasar
9.1
Mendeskripsikan sistem tata surya dan posisi penyusun tata surya
MATERI AJAR
TATA SURYA
Tata surya adalah susunan
benda-benda langit yang terdiri dari matahari, planet,dan benda langit lainnya.
Planet dan benda-benda langit lainnya secara teratur mengelilingi matahari
sebagai pusatnya.
Planet-planet mengelilingi matahari
pada lintasannya masing-masing. Lintasan peredaran planet mengelilingi matahari
disebut orbit. Orbit planet berbentuk elips dan jarak tiap-tiap planet
terhadap matahari berbeda pula.
Planet yang ditemukan dalam tata
surya ada delapan buah planet, yaitu Merkurius, Venus, bumi, Mars, Jupiter,
Saturnus, Neptunus, dan Uranus. Berdasarkan letak planet terhadap bumi, planet
dikelompokkan menjadi planet dalam dan planet luar. Planet dalam terdiri
terdiri dari Merkurius dan Venus karena kedua planet ini berada di dalam orbit
bumi. Sedangkan Mars, Jupiter,Saturnus, Uranus, dan Neptunus disebut
planet luar karena berada di luar orbit
bumi.
a. Merkurius
Merkurius
adalah planet yang paling dekat dengan matahari dan merupakan planet terkecil
a.
Venus
Venus
disebut bintang timur atau bintang
fajar. Disebut demikian karena Venus ini
bercahaya
terang di sebelah timur sebelum
matahari
terbit, atau kadang-kadang dapat
juga
terlihat di sebelah barat sebelum
matahari
terbenam sehingga sering juga
dinamakan bintang
barat.
c. Bumi
Di antara
planet dalam tata surya hanya bumi yang dihuni oleh makhluk hidup.Karena pada atmosfir bumi terdapat
oksigen yang dibutuhkan makhluk hidup untuk bernapas dan tersedia banyak air
b.
Mars
Planet keempat ini berukuran kecil,
diameternya
hanya berukuran kurang lebih
6.800 km.
Atmosfer yang menyelimuti Mars
sangat
tipis sehingga permukaan Mars dapat
diamati
dari bumi dengan menggunakan
teropong.
Mars adalah planet yang berwarna merah.
f. Jupiter
Jupiter
merupakan planet terbesar dalam
tata surya.
g. Saturnus
Planet ini tampak sangat indah. Mempunyai
cincin yang mengelilingi planet itu.
Cincin itu
terbentuk oleh bubuk batuan yang berputar mengelilinginya.
h. Uranus
Uranus
mempunyai suhu lebih dingin dari Saturnus. Pada planet ini tidak ada oksigen
dan selalu dikelilingi awan yang tebal.. sehingga disebut dengan planet
berkabut
8.
Neptunus
Pada planet
Neptunus tidak ada oksigen, penuh dengan awan yang tebal sehingga kelihatan
berwarna biru. Planet ini sering disebut dengan planet biru
LEMBAR
KERJA SISWA
LKS IPA
|
Nama
anggota kelompok
o
o
o
o
o
o
o
o
|
Kelas
VI
|
Standar Kompetensi :
9. Memahami matahari sebagai pusat
tata surya dan interaksi bumi dalam tata surya
Kompetensi Dasar
9.1 Mendeskripsikan sistem
tata surya dan posisi penyusun tata surya
Isilah table di bawah ini dengan mendiskusikan dengan
teman-temanmu!
Tuliskan nama – nama planet dan ciri – ciri planet
dengan memperhatikan gambar
No.
|
Gambar Planet
|
Nama
Planet
|
Ciri
Planet
|
1
|
|
|
…………………………………………….
……………………………………………
……………………………………………
|
2
|
|
|
…………………………………………….
……………………………………………
……………………………………………
|
Paraf Guru
|
Nilai
|
LEMBAR
KERJA SISWA
LKS IPA
|
Nama
anggota kelompok
o
o
o
o
o
o
o
o
|
Kelas
VI
|
Standar Kompetensi :
9. Memahami matahari sebagai pusat
tata surya dan interaksi bumi dalam tata surya
Kompetensi Dasar
9.1 Mendeskripsikan sistem
tata surya dan posisi penyusun tata surya
Isilah table di bawah ini dengan mendiskusikan dengan
teman-temanmu!
Tuliskan nama – nama planet dan ciri – ciri planet
dengan memperhatikan gambar
No.
|
Gambar
Planet
|
Nama
Planet
|
Ciri
Planet
|
1
|
|
|
…………………………………………….
……………………………………………
……………………………………………
|
2
|
|
|
…………………………………………….
……………………………………………
……………………………………………
|
Paraf Guru
|
Nilai
|
LEMBAR
KERJA SISWA
LKS IPA
|
Nama
anggota kelompok
o
o
o
o
o
o
o
o
|
Kelas
VI
|
Standar Kompetensi :
9. Memahami matahari sebagai pusat
tata surya dan interaksi bumi dalam tata surya
Kompetensi Dasar
9.1 Mendeskripsikan sistem
tata surya dan posisi penyusun tata surya
Isilah table di bawah ini dengan mendiskusikan dengan
teman-temanmu!
Tuliskan nama – nama planet dan ciri – ciri planet
dengan memperhatikan gambar
No.
|
Gambar
Planet
|
Nama
Planet
|
Ciri
Planet
|
1
|
|
|
…………………………………………….
……………………………………………
……………………………………………
|
2
|
|
|
…………………………………………….
……………………………………………
……………………………………………
|
Paraf Guru
|
Nilai
|
LEMBAR
KERJA SISWA
LKS IPA
|
Nama
anggota kelompok
o
o
o
o
o
o
o
o
|
Kelas
VI
|
Standar Kompetensi :
9. Memahami matahari sebagai pusat
tata surya dan interaksi bumi dalam tata surya
Kompetensi Dasar
9.1 Mendeskripsikan sistem
tata surya dan posisi penyusun tata surya
Isilah table di bawah ini dengan mendiskusikan dengan
teman-temanmu!
Tuliskan nama – nama planet dan ciri – ciri planet
dengan memperhatikan gambar
No.
|
Gambar
Planet
|
Nama
Planet
|
Ciri
Planet
|
1
|
|
|
…………………………………………….
……………………………………………
……………………………………………
|
2
|
|
|
…………………………………………….
……………………………………………
……………………………………………
|
Paraf Guru
|
Nilai
|
LEMBAR
KERJA SISWA
LKS IPS
SD NEG
101789
TUGAS
INDIVIDU
|
Nama : ____________________________________
Kelas : VI___
|
Standar Kompetensi :
9. Memahami matahari sebagai pusat
tata surya dan interaksi bumi dalam tata surya
Kompetensi Dasar
9.1 Mendeskripsikan sistem
tata surya dan posisi penyusun tata surya
Isilah
Kotak dengan nama planet planet sesuai dengan yang ditunjukkan gambar!
Paraf Guru
|
Nilai
|
maksih tp gmn cara downloadnya
BalasHapusmaksih tp gmn cara downloadnya
BalasHapus